Permudah Layanan, Dirjen Imigrasi Luncurkan e-VOA

Foto: Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Dirjen Imigrasi telah mengeluarkan aplikasi Electronic Visa on Arrival (e-VOA) sejak Kamis (10/11).

Peresmian tersebut turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Dengan dikeluarkannya e-VOA bisa menjadi kemudahan dan lebih cepat dalam layanan keimigrasian. Selain itu dapat meningkatkan antusiasme masyarakat luar negeri untuk datang ke Indonesia.

BACA JUGA: Imigrasi Cianjur Kembali Deportasi WNA Overstay

“Kebijakan e-VOA yang dihasilkan dari inovasi Ditjen Imigrasi ini merupakan kebijakan yang sangat strategis. Penerapan e-VOA diharapkan dapat berkontribusi nyata untuk mendorong masuknya wisatawan mancanegara maupun pebisnis dari seluruh dunia ke Indonesia,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana di sela-sela acara.

Kemudahan dan kecepatan layanan keimigrasian ini, tambah Widodo, dapat meningkatkan antusiasme masyarakat dunia untuk datang ke Indonesia. Hal ini akan berdampak positif terhadap roda perekonomian negara.

“Kalau semua mudah, masyarakat luar negeri akan banyak yang datang, sehingga semakin banyak wisata yang didatangi akan menambah pemasukan ekonomi untuk masyarakat dan juga negara,” tutupnya. (kim)