Diskoperdagin Cianjur Dorong Koperasi jadi Lebih Modern dan Taat Aturan

SOSIALISASI: Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Industri (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur melaksanakan sosialisasi kepada puluhan koperasi. Foto: Istimewa.

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 75 Koperasi di Kabupaten Cianjur mengikuti sosialisasi pelatihan undang-undang koperasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Cianjur di Hotel Palace, Cipanas, Selasa (15/11/2022).

Hal itu dilakukan agar para koperasi di kota Tatar Santri ini taat aturan mengenai legalitasnya, regulasinya, dan taat akan aturan-aturan yang berlaku.

Kepala Bidang Koperasi Diskoperdagin Cianjur, Nana Rukmana mengatakan, undang-undang nomor 25 nanti akan dirubah dengan adanya RUU yang baru terkait dengan perkoperasian.

BACA JUGA: Naikan PAD, Diskoperdagin Cianjur Terapkan E-Retribusi

“Undang-undang yang berlaku nantinya untuk koperasi modern supaya koperasi itu ada istilahnya perubahan-perubahan dari yang sekarang,” kata Nana.

Selain itu, lanjutnya, kedepan terkait dengan perkoperasian akan ada pemeriksaan kesehatan bagi para pegawai koperasi dan sarana prasarananya di setiap tahun.

“Nanti untuk melihat bahwa koperasi itu apa sudah sehat cukup sehat akan ada pengawasan dari pihak dinas kesehatan atau dari Kementerian,” ujarnya.

Kemudian, kata Nana, koperasi juga akan perkenalkan media sosial yang sudah tersistem dan terverifikasi oleh pemerintah.

“Jadi saat ini baru 75 koperasi yang ada di Kabupaten Cianjur yang sudah terverifikasi oleh pemerintah, tapi kita kan lihat yang aktifnya itu sebetulnya ada sekitar 350 koperasi. Insya Allah akan kami awasi dan bina jika memang terdapat koperasi menyimpang,” tandasnya. (byu)