4 Tips Mendidik Anak Agar Cerdas Intelektual dan Emosional

Tips mendidik anak
Tips mendidik anak. Ilustrasi ibu sedang mendidik anaknya

RADARCIANJUR.comSetiap orang tua pasti mendambakan anak-anaknya tumbuh dengan cerdas. Bukan hanya cerdas secara intelektual bahkan secara emosional.

Namun mendidik anak bukanlah hal yang mudah.

Setiap anak mempunyai karakteristik yang beragam maka dalam mendidik anak orang tua harus ekstrak sabar.

BACA JUGA : Beberapa Tips Cara Menjaga Hidup Sehat

Mendidik anak wajib menjadi prioritas utama bagi orang tua agar anak sukses di kehidupannya kelak.

Maka dari itu orang tua harus mempunyai pengetahuan khusus dalam mendidik anak agar mengetahui kekuatan anak sejak dini, maka orang tua akan mengambil peran yang dapat mempengaruhi arah masa depan anaknya.

Menurut CEO Stress Management Indonesia, Coach Pris, ketika orang tua dapat mendidik anak dengan tepat, maka otak anak dapat bekerja dengan benar dan anak menjadi lebih bahagia. Ketika anak bahagia secara emosional, mereka belajar dengan lebih cepat.

“Ketika anak dapat belajar dengan lebih cepat, prestasi mereka akan meningkat dan pastinya akan membanggakan orang tua dan orang-orang di sekitar,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (13/11).

Berikut adalah 4 tips mendidik anak agar cerdas secara intelektual dan emosional.

1. Motivasi

Motivasi berasal dari bahasa Latin yang berarti bergerak. Bagi para psikolog, motivasi merujuk pada proses dalam diri manusia atau hewan yang menyebabkan organisme tersebut bergerak menuju suatu tujuan, atau bergerak menjauhi situasi yang kurang menyenangkan.

Maka orang tua harus bisa memberikan motivasi agar sang anak bisa menuju tujuannya.

Karena kadang-kadang anak menyadari keterbatasannya sendiri dan oleh karena itu mereka sering merasa cemas dan frustasi ketika mencoba melakukan sesuatu.

Orang tua harus membantu sang anak dalam mengatasi kekurangannya dan menyadarkan potensi yang mereka miliki. Orang tua juga harus memberi keyakinan bahwa mereka mampu untuk melakukan apapun yang mereka impikan.

2. Pendidikan yang Tepat

Memberikan pendidikan yang tepat pada anak itulah hal yang terpenting. Oleh karena itu saat usia anak sudah memasuki usia sekolah maka orang tua harus segera mendaftarkan sang anak ke sekolah.

Pilihlah sekolah inklusif yang mendukung perkembangan anak sesuai dengan kekuatannya masing-masing.

Orang tua juga harus aktif mempromosikan kemampuan sang anak dengan melibatkan mereka di sekolah.

3. Pentingnya Makna Kehidupan

Pada saat sang anak tidak antusias belajar karena takut melakukan kesalahan dan kurang memahami pentingnya kegiatan tersebut. Maka orang tua harus mengajarkan dan berbicara kepada sang anak tentang arti hidup. Misalnya, kegagalan bukanlah hal yang memalukan dan ilmu yang dipelajari akan berguna dalam bagi kehidupan.

4. Aktif dalam Komunitas

Aktif dalam komunitas akan memberikan dampak positif bagi orang tua terutama sang anak. Karena dengan masuknya ke dalam komunitas sang anak dapat bersosialisasi dengan yang lainnya.

BACA JUGA : 5 Tips Merawat Kulit Agar Tidak Kering

Itulah informasi mengenai 4 Tips mendidik anak agar cerdas secara intelektual dan emosional. (mg2/Jawa Pos)