5 Destinasi Asyik Buat Touring Menggunakan Sepeda Motor

5 Destinasi Asyik Buat Touring Menggunakan Sepeda Motor

Bandung merupakan daerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Para pengguna sepeda motor Honda yang hobi touring santai biasanya hanya melakukan aktivitas touring ke daerah wisata di daerah puncak pegunungan atau perkebunan teh.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menjelaskan, touring menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh para biker. Karena selain menjadi ajang untuk menikmati aktivitas berkendara dengan sepeda motor, kegiatan tersebut juga turut menjadi momen berkumpulnya anggota komunitas.

“Melakukan perjalanan jarak jauh atau touring wajib memperhatikan etika dalam berkendara agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara lain. Bikers juga wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya dan memastikan kendaraannya dalam kondisi prima,” ujar Ludhy

Sebenarnya destinasi touring menuju pantai di daerah Selatan Bandung pun tidak terlalu jauh asalkan bikers mengetahui rute dan juga jalur alternatif yang tercepat dan bisa dilalui dengan mudah. Berikut ini ada 5 (lima) rekomendasi tujuan touring di pantai selatan Jawa Barat yang terdekat dan tidak terlalu jauh dari Bandung.

1. Pantai Santolo Garut
Pantai yang berada di selatan Garut ini bisa dilalui melalui dua rute, pertama bisa lewat Selatan Bandung menuju Ciwidey – perkebunan teh Rancabali menuju Pantai selatan Rancabuaya dan kemudian ke arah timur menyusuri pantai hingga memasuki daerah Garut. Atau juga bisa melalui rute dari Bandung menuju Garut kemudian ke arah selatan ke daerah Pameungpeuk hingga sampai ke pantai Santolo yang letaknya berada di sebelah selatan Garut.

2. Pantai Sayang Heulang Garut
Lokasinya tidak jauh dari pantai Santolo, masih berada di daerah selatan Garut sehingga rutenya pun sama. Berbeda dengan pantai Santolo yang lebih ramai pengunjung, pantai Sayang Heulang relatif lebih lengang sehingga buat yang touring kesini bisa lebih santai. Juga punya lokasi yang lebih rapi dan lebih tertata juga lebih mudah mengakses penginapan yang dekat dengan lokasi pantai.

3. Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya
Dari Bandung rute yang dipakai bisa melalui Garut menuju pantai Selatan kemudian dilanjutkan ke arah timur, atau bisa juga melewati rute ke arah Tasikmalaya menuju pantai Cipatujah. Pantai Karang Tawulan menyajikan pemandangan pantai di atas karang yang eksotis. Akses menuju pantai pun tidak terlalu jauh dari jalan raya.

4. Pantai Batu Karas
Rutenya sama seperti menuju pantai Karang Tawulan tapi diteruskan menuju ke arah timur. Buat yang suka pemandangan dengan menjelajahi jalur di pinggir pantai, touring menyusuri pantai selatan menuju ka Pantai Batu Karas memiliki sensasi tersendiri.

5. Pantai Pangandaran
Rutenya bisa melewati Tasikmalaya menuju langsung ke pantai selatan, atau bisa juga melewati arah Ciamis- Banjar dan dilanjutkan menuju pantai selatan dengan kondisi aspal yang mulus dengan jalanan yang cukup lebar. Pantai Pangandaran menjadi lokasi favorit karena fasilitas publik yang lebih lengkap, Hotel dan penginapan yang lebih banyak dengan kemudahan akses yang tidak jauh dari pantai.

Di pantai Pangandaran ini pun menjadi lokasi Satu Dekade Honda Bikers Day yang merupakan ajang kumpul para bikers Honda terbesar se-Indonesia pada tahun 2019 lalu.