Door to Door Diklaim Cara Jitu Rampungkan Pembuatan e-KTP Pemula

DOOR TO DOOR: Disdukcapil Kabupaten Cianjur mendatangi SMAN 1 Mande untuk melakukan perekaman KTP terhadap remaja yang sudah masuk wajib KTP. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur saat ini tengah memburu para pembuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemula atau pembuat baru yang baru berusia 17 tahun.

Belum lama ini, Disdukcapil Kabupaten Cianjur sudah melakukan perekaman di SMAN 1 Mande.

Perekaman tersebut dilakukan sebagai salah satu cara menjemput bola para pembuat KTP pemula yang baru berusia 17 tahun. Langkah yang dilakukan pun merupakan salah satu trobosan agar lebih memudahkan para remaja di Kabupaten Cianjur memiliki tanda kependudukan.

BACA JUGA: Disdukcapil Cianjur Janji Proses Gratis Dokumen Warga Akibat Bencana

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat mengatakan, saat ini jumlah wajib KTP tingkat pemula berjumlah 1.731.667 jiwa. Adapun yang telah melakukan perekaman sebanyak 1.710.881 jiwa.

“Jadi sisa yang belum melakukan perekaman 3.16 persen atau 20.786 jiwa. Penambahan perekaman 2.028 jiwa. Kemungkinan sekitar 16 ribu jiwa belum,” ujarnya.

Pihaknya tidak menentukan target dari jumlah perekaman, lantaran jumlah pembuat KTP akan terus bertambah. Bahkan, diperkirakan tahun 2023 akan ada 45.148 jiwa dan di tahun 2024 diperkirakan 4.5736 jiwa.

“Tidak ada target, karena jumlahnya akan terus bertambah,” tuturnya.

“Yang menjadi target bukan jumlahnya, tapi orangnya. Jika sudah waktunya untuk segera membuat KTP,” sambungnya.

Lanjut Munajat, saat ini di setiap KTP sudah bisa melakukan perekaman dan memudahkan masyarakat yang jauh untuk membuat KTP di Disdukcapil Kabupaten Cianjur.

“Sekarang kan sudah ada operator di setiap kecamatan-kecamatan untuk melakukan perekaman. Jadi masyarakat lebih mudah dan tidak jauh,” tutupnya. (kim)