Telan Anggaran Ratusan Juta, Fasilitas Kampung Adat Miduana Segera Dibuka

DIBANGUN: Tahap pengerjaan fasilitas Bumi Ageung Kampung Adat Miduana tampak dibangun. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Warga di kawasan wisata Kampung Adat Miduana, Desa Balegede, Kecamatan Naringgul menyambut baik dan senang dengan adanya pembangunan fasilitas Bumi Ageung.

Nantinya tempat itu akan menjadi fasilitas istirahat bagi wisatawan atau tamu yang akan berkunjung ke kampung Adat Miduana.

Pengerjaan itu akan dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur dengan anggaran Tahun 2022 sebesar Rp466.359.366.

Abah Rustiman (55) Dewan Adat Miduana mengatakan, masyarakat senang dan berharap dengan adanya fasilitas Bumi Ageung dapat meningkatkan roda perekonomian.

BACA JUGA: Wabup Cianjur Sidak Kantor Disbudpar, Beberapa Poin Penting Perlu Dievaluasi

“Mudah mudahan dengan Adanya pasilitas Wisata ini bisa meningkatkan ekonomi khususnya warga adat Miduana,” katanya, Kamis, (17/11/2022).

Bahkan, masyarakat pun menurut Abah menginginkan agar fasilitas lainnya juga segera dibangun.

“Seperti tempat parkir kendaraan dan infrastruktur jalan baik menuju ke kampung adat dan lokasi batu rompe juga arca,” ujarnya.

LIHAT JUGA: Menyusuri Sejarah Kabupaten Cianjur yang Pernah Jadi Ibukota Periangan

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur Pratama Nugraha mengatakan, pembangunan itu merupakan bentuk kepedulian Bupati Cianjur untuk keberlangsungan kampung adat Miduana.

“Itu sebagai bentuk perhatian Pak Bupati Cianjur Herman Suherman,” kata Pratama.

Saat ini pembangunan rumah ageung terus digenjot dan pengerjaannya hampir mendekati setengahnya.

“Kami diamanatkan membantu untuk pembangunan sarana dan prasarana dan sekarang baru rumah Ageung. Pembangunan sudah 40%,” tandasnya. (byu)