Jelang Pemilu, Bawaslu Cianjur Genjot Soal Administrasi dan Konsolidasi Bersama Panwas Kecamatan

SOSIALISASI: Bawaslu Kabupaten Cianjur melakukan sosialisasi terhadap puluhan Panwas Kecamatan di Hotel Yasmin Cipanas. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur melaksanakan sosialisasi terkait fasilitasi administrasi dan konsolidasi terhadap Panitia pengawas (Panwas) Kecamatan di Yasmin Hotel Cipanas, Jum’at (18/11/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Zawari mengatakan, rangkaian kegiatan lanjutan ini merupakan pembekalan pasca panwascam sebagai keorganisasian yang tentunya tidak terlepas dari adanya administrasi yang harus terpenuhi dalam proses pelaksanaan tugas.

Pasalnya, lanjut Usep, administrasi itu merupakan hal yang penting dalam proses pelaksanaan tugas Panwas Kecamatan yang nantinya akan menjadi salah satu indikator atau tolak ukur dari kinerja Kecamatan.

BACA JUGA: Bawaslu Cianjur : Dua Mantan Caleg Gagal Jadi Calon Panwascam

“Jadi semua aspek administrasi harus terpenuhi dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasinya juga harus ada. Karena tidak terlepas dari proses administrasi itu sendiri,” kata Usep.

Dalam hal ini, lanjut Usep, penekanannya terkait proses tersebut adalah bagaimana Panwas Kecamatan itu memahami semua format-format administrasi yang harus dilakukan baik dalam tata ke organisasian, pelaksanaan, pengawasan, maupun nanti dalam proses penanganan pelanggaran.

“Seiring dengan itu sekarang kita kan ada aturan perbawaslu nya, waktu yang itu banyak yang harus disesuaikan dengan proses, perbedaan yang sebelumnya misalkan format laporan hasil pengawasan dan hasil pengawasan itu formatnya sekarang ada perbedaan,” katanya.

Menurutnya, saat ini untuk proses internal pelaporan yang dilakukan Bawaslu sendiri memang sudah mulai mengarah kepada hal-hal yang sifatnya teknologi. Seperti halnya laporan, selain menjadi percepatan, juga dilakukan digital.

“Jadi memang kedepannya kita juga akan mengimplementasikan program atau aturan yang dibuat oleh Bawaslu RI, termasuk soal laporan secara digital,” tandasnya. (dan)