Pemkab Cianjur Bakal Pinjam Ratusan Miliar ke BJB, Herman: Ini Buat Tunjang IPM

Bupati Cianjur Herman Suherman.

RADARCIANJUR.com – Rencana pinjaman Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk infrastruktur atau perbaikan jalan akan mulai diajukan kepada bank daerah yakni Bank Jabar Banten (BJB).

Pinjaman tersebut bernilai fantastis yakni sebesar Rp225 miliar. Namun, nilai pinjaman tersebut belum final atau ketuk palu. Lantaran, pinjaman tersebut masih dalam tahap tawar menawar.

Pembayaran pinjaman akan dilakukan setahun setelah uang dicairkan yakni pada 2024, dua tahun mendatang. Hal tersebut diungkapkan Bupati Cianjur, Herman Suherman. Pinjaman senilai Rp225 miliar tersebut bisa berkurang sesuai dengan kontrak dan penawaran.

“Jadi (pinjaman, red) nanti di tahun 2023. Untuk gantinya nanti di tahun 2024, nah kalau menggantinya setelah ada kontrak perjanjiannya seperti apa,” ujarnya.

BACA JUGA: Bawaslu Cianjur Beberkan Dana Pinjaman Rp 1,1 Miliar

Saat ditanya awak media mengenai dasar hukumnya, Herman menjelaskan, dasar hukum yang digunakan merupakan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Cianjur dalam rangka menunjang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meliputi ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Tak main-main. Jalan yang akan mendapatkan perbaikan sejauh 33 kilometer, 10 kilometer dan enam kilometer yang tersebar di beberapa daerah yakni ruas jalan Bayuning, Cimuaragang, Londok dan Mekar Jaya Kecamatan Cidaun; Cinagar, Cipelah Kecamatan Pasir Kuda; Ciburang Kecamatan Cijati, Tangkil, Leles, dan Kecamatan Cibinong.

“Ini untuk perbaikan infrastruktur guna menunjang IPM Kabupaten Cianjur dengan dasar hukumnya Perda Kabupaten Cianjur,” ungkapnya.

Seperti diketahui, rencana melakukan pinjaman uang yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sudah lama direncanakan. Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan pinjaman tersebut bertujuan untuk perbaikan infrastruktur yang ada.

Terlebih infrastruktur yang berada di wilayah Selatan Cianjur. Tidak lain tujuannya guna mendongkrak IPM yang berada di posisi terbawah tingkat Jawa Barat dibandingkan kota kabupaten lainnya. Diharapkan, dengan anggaran yang sedianya akan cair pada tahun depan ini dapat terealisasi sesuai program Pemkab Cianjur. (kim)