Rangkap Jabatan Sekmat Ciranjang Sekaligus Ketua PGRI Disorot DPRD Cianjur

TAMPAK DEPAN: Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Jalan Aria Cikondang, Cianjur Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Anggota Komisi D DPRD Cianjur Odo Supardjo menyoroti terkait jabatan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cianjur yang saat ini dipegang bukan oleh seorang tenaga pendidik atau orang dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cianjur.

Diketahui saat ini PGRI Kabupaten Cianjur dipimpin oleh Sukirman yang menjabat sebagai Sekretaris Camat (Sekmat) Ciranjang.

Hal itu menjadi sejarah di Kabupaten Cianjur seorang Sekmat dapat memimpin organisasi guru terbesar di Indonesia itu.

Odo Supardjo mengatakan, mengenai bisa atau tidaknya organisasi PGRI dipimpin oleh seseorang yang bukan tenaga pendidik atau yang bekerja di Disdikpora Cianjur ia tidak mengetahuinya secara pasti.

BACA JUGA: Politisi PAN Geram Penahanan Ijazah Murid SMK 2 PGRI Cianjur

Namun seseorang yang kini menjabat sebagai Ketua PGRI di luar tenaga pendidik atau lingkup intansi terkait bisa dinilai tidak mencerminkan etika baik.

“Saya tidak bisa menyampaikan melanggar atau tidak tetapi lebih secara etika, itu sebenarnya harus diganti oleh guru,” katanya, Kamis, (17/11/2022).

Ia pun mempertanyakan apakah jabatan menjadi Sekmat Ciranjang yang saat ini dijabat Sukirman bersifat sementara atau berkelanjutan.

“Saya tidak tau, apakah jabatan yang sekarang menjadi Sekmat hanya sementara atau batu loncatan kemudian nantinya kembali lagi ke OPD instansi terkait yaitu Disdikpora,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Cianjur Sukirman berpendapat bahwa jabatan yang diembannya sebagai Ketua PGRI Cianjur dan Sekmat Ciranjang sah-sah saja.

“Untuk jabatan saya tidak ada masalah,” singkatnya. (byu)