Santri Penghafal Alquran Akan Diberi Beasiswa

Ilustrasi santri membaca Alquran. Foto : Madani

RADARCIANJUR.com – Para tenaga pendidik atau pembelajar Alquran akan mendapatkan beasiswa dari Kementrian Agama.

“Alhamdulillah, kami memberi beasiswa untuk ustad dan ustadzah yang concern dan commit dengan pembelajaran Alquran,” ujar Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur, Kamis (17/11).

BACA JUGA : Bupati : Mari Berkarya Buktikan Cianjur Terkenal Kota Santrinya

Tak hanya ustad-ustadzah, para santri yang hafal Alquran juga diberi beasiswa. “Ini adalah cara kita untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak kita yang belajar Alquran,” tegasnya.

Waryono menilai, optimalisasi afirmasi terhadap pembelajar Alquran menjadi salah satu tugas dan pekerjaan rumah Kemenag ke depan. Sebab, peran ulama Alquran sangat penting dan mereka harus tetap dan terus menjadi pemandu masyarakat dan pesantren.

“Kami berkomitmen memberikan bantuan dan afirmasi kepada para pembelajar Alquran,” sebutnya.

BACA JUGA  : Bupati Cianjur Apresiasi Pesantren Expo di Hari Santri

Apalagi, lanjutnya, pembelajaran Alquran di Indonesia terbukti terus berkembang. Pendidikan Alquran semakin menarik dan mudah seiring perkembangan metodologi pembelajaran.

Hal itu menurutnya tidak terlepas dari inovasi para pembejalar Alquran. Beragam metode terus dikembangkan. “Bahkan ada metode yang tidak ditemukan di negara-negara Islam sekali pun,” jelas Waryono.

Dia optimis bahwa pembelajaran Alquran tidak akan hilang dari Nusantara. Meski demikian, masih ada pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan.

“Selain afirmasi dan bantuan, PR kita bagaimana ke depan dapat menata dengan baik sekaligus memberikan fasilitasi untuk pembelajar Alquran, agar mereka tidak sibuk dengan hal-hal yang bersifat administratif, sehingga seringkali kehilangan substansi,” tandasnya.(jwp)