Sering Berkendara di Musim Hujan, Simak Tips Perawatan Sepeda Motor Berikut Ini!

Regard's, Indra Gunawan

RADARCIANJUR.COM, CIANJUR – Musim hujan terjadi dikarenakan faktor alam yang tidak bisa dihindari dimana biasanya akan terjadi antara penghujung tahun sampai awal tahun berikutnya. Berbicara mengenai musim hujan, apabila memiliki kendaraan terutama sepeda motor, wajib untuk melakukan perawatan agar performa sepeda motor tersebut tetap dalam kondisi yang prima dan nyaman dikendarai.

Pada sepeda motor ada beberapa komponen yang bergerak atau yang berputar diantaranya rantai roda khusus untuk tipe motor Cub dan Sport, CVT untuk motor tipe Matic, bearing roda, bearing CVT, dam ban sepeda motor.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, komponen-komponen tersebut bisa berpotensi akan terkontaminasi dengan air hujan yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan yang lebih cepat.

Regard’s, Indra Gunawan

“Selain harus memperhatikan kondisi dari masing masing komponen sepeda motor, yang tidak kalah pentingnya adalah keselamatan kita sebagai pengendara harus menjadi perhatian khusus saat berkendara mulai dari kondisi fisik, perlengkapan berkendara, hingga gaya berkendara,” ujar Ade.

Ada beberapa tips mengenai perawatan sepeda motor yang dikendarai ketika sering berkendara di musim hujan, diantaranya :

1. Periksa tekanan angin ban depan dan belakang secara berkala minimal 1 atau 2 minggu sekali dikarenakan potensi berkurangnya tekanan angin akan terjadi akibat suhu yang dingin.
2. Periksa alur atau kembang ban dari keausan dengan melihat tanda keausan ban di bagian tengah alur ban dengan adanya tonjolan di beberapa bagian yang bertanda Δ yang tertera di samping ban.
3. Periksa semua fungsi sistem penerangan baik depan maupun belakang harus berfungsi dengan baik.
4. Periksa kondisi fisik dari lampu lampu tersebut dari retakan dan juga buram karena akan mempengaruhi cahaya dari lampu tersebut.
5. Berikan pelumas secara berkala pada rantai roda untuk type motor Cub & Sport untuk mencegah supaya tidak menimbulkan karat.
6. Hindari genangan air yang dalam pada saat hujan turun untuk mengantisipasi supaya motor tidak mogok akibat mesin dan sistem penggerak seperti rantai dan CVT terendam air.
7. Disarankan setelah menggunakan motor pada saat musim hujan agar motor tersebut dicuci,selain kelihatan motor menjadi bersih juga menjaga agar setiap komponen di motor tersebut tidak cepat rusak diakibatkan oleh air hujan.(adv)