5 Wisata Air Terjun di Cianjur Selatan Yang Murah Meriah

Wisata air terjun di Cianjur Selatan yang murah meriah
Wisata air terjun di Cianjur Selatan salah satunya Curug Cikondang di Campaka, Cianjur. Foto : Google Maps Iqbal Hadinata CHANNEL

RADARCIANJUR.com- Wisata air terjun di Cianjur Selatan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diburu oleh para wisatawan.

Apalagi bagi anda yang menyukai petualangan, wisata air terjun ini menjadi rekomendasi yang wajib anda coba.

Tenang anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa masuk ke wisata air terjun di Cianjur Selatan, anda hanya perlu membeli tiket yang terbilang murah meriah.

Walaupun murah meriah, wisata air terjun di Cianjur Selatan ini tidak murahan, karena pemandangan dan panorama alam yang disuguhkan sangat menawan dan eksotis.

BACA JUGA : 5 Wisata Puncak Bogor Dekat Dengan Cianjur

Berikut rekomendasi 5 wisata air terjun di Cianjur selatan murah meriah yang wajib anda coba.

1. Curug Cikondang

Curug Cikondang adalah wisata air terjun yang ada di Sukadana, Kec. Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug Cikondang ini disebut sebagai miniatur air terjun Niagara.

Curug ini banyak dikunjungi ole para wisatawan, menurut data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur 2019 setidaknya ada 26.353 wisatawan nusantara dan 118 wisatawan asing yang berkunjung ke curug ini.

Curug Cikondang juga sempat viral karena sempat dikunjungi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat touring menggunakan motor tanpa protokoler.

Tiket untuk masuk ke curug Cikondang ini sangat murah, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000.

Untuk menuju ke curug Cikondang anda harus melewati rintangan selama perjalanan, anda harus berjalan kaki dari area parkir melalui jalan setapak untuk dapat mencapainya.

Walaupun harus berjalan kaki di jalan setapak tapi anda akan tercengang dengan keindahan hamparan kebun teh di sekelilingnya. Tidak ada salahnya jika anda menyisihkan waktu untuk berfoto-foto sejenak mengabadikan keindahan alam ini.

Anda juga bisa melakukan kegiatan canyoneering minimal terdiri dari 6 orang dengan biaya Rp350 ribu.

2. Curug Luhur

Curug Luhur adalah wisata air terjun yang cocok untuk merelaksasi jiwa dan pikiran yang jenuh dan bosan, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke curug ini.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur 2019 setidaknya ada 4.000 wisatawan nusantara yang berkunjung ke curug ini.

Curug Luhur berlokasi di Pamoyanan, Cibinong, Batulawang, Cibinong, Batulawang, Kec. Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Untuk masuk ke curug Luhur ini anda hanya perlu mengeluarkan bugdet yang terbilang murah yaitu hanya Rp.10.000/orang.

Curug Luhur ini akan memanjakan anda dengan keindahan alam yang sangat mempesona, disempurnakan dengan tebing curug dan sungai yang membentuk seperti tangga, tak heran jika curug ini dijadikan spot foto instagenic.

3. Curug Ngebul

Curug Ngebul ini salah satu diwisata yang paling banyak dicari oleh para wisatawan, bukan hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan luar kota pun sangat antusias.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur 2019 setidaknya ada 3.665 wisatawan nusantara yang berkunjung ke curug ini.

Walaupun lokasinya cukup tersembunyi, namun panorama yang dimiliki air terjun ini membuat banyak orang penasaran.

Curug Ngebul ini berlokasi di Bunijaya, Kec. Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tiket masuk ke Curug Ngebul ini sangat murah, anda hanya perlu menyiapkan uang Rp. 10.000 saja.

Guyuran udara dari Curug Ngebul ini begitu deras, jika dilihat dari kejauhan terlihat panorama alam ini begitu luar biasa. Nah buat anda yang hobi hunting spot alam dan berswafoto maka latar belakang pesona air terjun ini sangat cocok.

4. Curug Dadali

Curug Dadali ini terletak di Kampung Lebaksaat, Desa Wargaasih, Kec. Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Dadali ini memiliki keunikan yang luar biasa yaitu memiliki batu yang melebar seperti tirai, memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter dan lebar dinding lebih 50 meter.

Pada musim hujan, volume air terjun curug Dadali akan sangat besar, bahkan bisa menciptakan kabut yang terlihat eksotis. Pada musim kemarau, tidak semua dinding air terjun tertutup aliran air bahkan anda dapat mencapai bongkahan-bongkahan batuan tersebut sambil berswafoto.

Mengenai tiket untuk masuk ke curug ini sangat murah karena anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.0 alias gratis.

BACA JUGA : 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Bandung

5. Curug Walanda

Curug Walanda adalah curug yang terletak di Des. Batulawang, Kec. Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Walanda ini menyuguhkan keindahan yang mempesona yang membuat para wisatawan dimabuk kepayang, karena curug ini memiliki air yang begitu jernih yang berasal Gunung Karung.

Tak heran jika curug ini ramai menjadi perbincangan di media sosial. Bahkan menurut data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur 2019 setidaknya ada 4.125 wisatawan nusantara yang berkunjung ke curug ini.

Bukan hanya keindahannya saja yang memanjakan mata, Anda juga tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke curug ini, anda hanya perlu membayar biaya parkir saja. (mg2/pojoksatu)