Miris! Pasca Diterjang Bandang, Jembatan Kertajaya Masih Dipakai Warga

MENANTANG MAUT: Salah seorang warga Kampung Pasir Kolot Rt003/Rw001 Desa kertajaya Kecamatan Tanggeung tetap memaksakan melintas meski sudah tak layak. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Akses jembatan tiga desa yakni Jembatan Gantung Cigembong yang berada di Kampung Pasar Kolot Rt003/Rw001 Desa Kertajaya Kecamatan Tanggeung, dua pekan lalu disapu banjir bandang.

Meski begitu, jembatan tersebut belum juga disentuh perbaikan yang layak. Sehingga atas inisiatif warga setempat melakukan renovasi menggunakan alat seadanya.

Kadus wilayah (Kawil) 01 Pasar Kolot, Ujang Hambawan mengatakan, setelah Jembatan Gantung Cigembong disapu banjir bandang hingga ambruk, untuk melaksanakan aktivitas banyak anak sekolah dan warga turun menyeberangi kali Cigembong meskipun debit air tengah deras.

BACA JUGA: Jembatan Gantung Tanpa Pijakan di Kertajaya Masih Sering Dilintasi Pelajar

“Tidak sedikit warga yang nekat melintas menyeberangi jembatan dengan menginjak dan berpegangan pada kawat sling yang masih ada, dengan melihat kekhawatiran itu, tokoh mabeserta Ketua RT serta RW dan masyarakat langsung melaksankan renovasi jembatan dengan alat seadanya,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya sangat membutuhkan bantuan pemerintah untuk menyediakan kawat sling. Lantaran, kawat sling saat ini sudah tidak bisa digunakan dan harus diganti.

“Kami hanya kesulitan untuk biaya beli kawat sling, selain uangnya tidak punya juga belanjanya harus ke Kota Cianjur sedangkan untuk bambu alas jembatan dan upah kerja tidak kesulitan,” tuturnya,.

Gotong royong yang sekarang sedang dilakukan itu hanya sementara saja hingga menunggu bantuan dari pemerintah. Kawat sling yang ada akan disambungkan dengan kawat behel untuk sementara waktu. (kim)