BMKG Pasang Alat Seismograf dan MASW di Titik Bencana Cianjur

IMBAS GEMPA: Salah satu rumah di Desa Sukawangi yang terdampak Gempa. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung sudah memasang alat pendeteksi gempa bumi atau sesimograf di beberapa titik seperti di lokasi titik gempa yang berada di episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,86 derajat Lintang Selatan dan 107,01 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 kilometer.

Selain memasang alat seismograf, BMKG pun turut memasang alat MASW atau alat yang mendeteksi jenis tanah di lokasi longsor Kampung Cibereum Desa Cijedil Kecamatan Cugenang.

BACA JUGA : BMKG Ungkap Alasan Cianjur Sering Terjadi Gempa Dahsyat

“BMKG ada beberapa tim yang turun ke lokasi di tingkat-tingkat wilayah kerusakan tinggi seperti di Cugenang yang mengukur untuk jenis tanah yakni alatnya MASW, apakah tanah keras, tanah lunak atau sedang dan batuan. Sehingga nanti bisa diketahui seperti apa,” ujar Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu.

BACA JUGA : BMKG: Gempa Garut Selatan Terasa Hingga Beberapa Wilayah di Jabar

Tim yang tengah bekerja, saat ini masih melakukan pengecekan di seluruh lokasi di Kabupaten Cianjur. Mengenai hasil, pihaknya belum mengeluarkan hasil dari tim di lapangan.

“Mengenai hasil, kita belum keluarkan karena masih proses dan pasti akan kita kabarkan hasil dari tim di lapangan,” tutupnya. (kim)