Raider 300/ BJW Turunkan Personel Hingga Rantis untuk Penanganan Kebencaaan Cianjur

EVAKUASI: Personel Yonif Raider 300/ BJW tengah membantu masyarakat Cianjur yang akan melintas di lokasi longsor Kampung Cibereum Rt01/Rw01 Desa Cijedil Kecamatan Cugenang. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pengerahan bantuan serta pertolongan terus dilakukan untuk Kabupaten Cianjur yang kini tengah berduka dirundung bencana gempa bumi dan longsor. Upaya penanganan dilakukan oleh berbagai pihak, seperti yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Yonif Raider 300/ BJW dengan mengerahkan seluruh personelnya sebanyak 450 anggota.

Pengerahan personel tersebut diantaranya Tim Jelajah dalam membuka akses jalan, Tim Evakuasi korban warga, Tim Evakuasi harta benda, Tim SAR reruntuhan serta longsor, Tim Helipad, Tim Medis, Tim K-9 untuk pencarian jenazah dan Tim Pengamanan.

Danyon Raider 300/ BJW, Letkol Inf Afri swandi Ritonga mengatakan, pengerahan pasukan tersebut sudah dilakukan sejak hari pertama bencana terjadi. Terlebih di lokasi longsor yang berada di Kampung Cibereum Rt01/Rw01 Desa Cijedil Kecamatan Cugenang.

“Kita langsung kerahkan personel dengan membagi tim yang turun untuk tugas yang sudah dipetakan, tim sudah bergerak sejak hari pertama bencana terjadi,” ujarnya.

Selain pengerahan personel, lanjutnya, pengerahan materil pun turut diterjunkan dari mulai truk angkutan personel serta perlengkapan, kendaran roda dua untuk melakukan penelusuran medan terisolir, pengerahan rantis yang digunakan untuk membuka akses jalan, 10 drone sebagai pemantau keadaan dan unit ambulan.

“Selain itu, kita datangi juga para korban dengan memberikan berbagai perlengkapan serta bahan makanan dan sembako kepada masyarakat di posko-posko serata pengungsian secara langsung,” ungkapnya.

Pasukan Yonif Raider 300/ BJW akan terus bergerak hingga penanganan bencana selesai dan pemulihan pascabencana di Tatar Kota Santri dinyatakan aman. (kim)