Miris! Puluhan Pengungsi Gempa Cianjur Tinggal di Kandang Domba

TERPAKSA: Warga di Kampung Warungbatu RT 01/RW10, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur terpaksa harus mengungsi di kandang domba. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Miris, puluhan pengungsi terdampak gempa di Kampung Warungbatu RT01/RW10, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur, harus tinggal di kandang domba.

Kandang tersebut semula berisi 40 ekor domba dan kini penghuninya malah jadi 55 warga.

Tempat pengungsian berupa kandang itu terletak di ujung kampung, masuk gang sekitar 100 meter dari jalan nasional arah Cugenang simpang empat lampu Gentur

Salah seorang pengungsi Kaisa mengatakan, alasan pengungsi tinggal di kandang domba karena dekat dengan rumah sehingga bisa membersihkan rumah lebih dekat.

BACA JUGA: Terima Banyak Keluhan Logistik yang Belum Merata Pasca Gempa, Herman: Lapor ke Posko Pendopo

Tempat itupun merupakan posko kedua di kampung tersebut. Selain posko utama yang didirikan di tengah perkampungan.

“Nyaman aja sih, sudah terbiasa, ini sudah mau masuk hari ketiga tinggal di kandang domba,” ujar Kaisa (12) saat ditemui Kamis (24/11/2022)

Sementara itu Ketua RT 01, Adi Permana, mengatakan bahwa ia sudah membujuk warga untuk menempati tempat lain yang aman dan berupa lahan terbuka.

Namun bujukan Adi tak berhasil karena warga memilih kandang domba sebagai tempat pengungsian karena dinilai lebih dekat ke rumah mereka.

“Pemilik kandang mengizinkan saja asal warga betah, sebelumnya saya sudah membujuk mereka agar tidak tinggal di kandang domba,” ujarnya.

Sementara itu ditemui terpisah, Sekda Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah akan memerintahkan Camat Cianjur untuk menindaklanjuti perihal adanya kandang domba yang dijadikan posko pengungsi.

“Saya akan perintahkan Camat perihal adanya pengungsi tinggal di kandang domba,” tandasnya. (byu)