Pembersihan Sampah dan Reruntuhan Pendopo Cianjur Disikat Relawan Gabungan

BERGERAK BERSIH: Tim Bersih Itu Sehat (BIS) Dompet Dhuafa bersama DMC dan 50 relawan bergerak membersihkan posko kebencanaan di Pendopo Pemkab Cianjur dan posko pengungsian. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Tim Bersih Itu Sehat (BIS) Dompet Dhuafa bersama dengan DMC dan 50 relawan yang tergabung dalam Tim Respon Darurat Kebencanaan Dompet Dhuafa menggelar aksi bersih-bersih di lokasi Posko Kebencanaan Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jumat (25/11) pagi.

Sasaran tim pembersih yakni beberapa sampah yang berserakan di sekitaran posko dan beberapa puing-puing bangunan yang masih berada di sekitar gedung Pemkab Cianjur. Selain itu, tim turutn bergerak ke pengungsian untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di posko pengungsian masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi.

BACA JUGA: Sepenggal Kisah Santri dan Karyawati Minimarket Lolos Dari Maut Saat Gempa

“Tak hanya itu, kami juga membersihkan puing-puing dibeberapa kawasan yang terdampak gempa. Aksi ini akan terus berlangsung selama masa tanggap darurat bencana,” ujar Koordinator Aksi BIS Dompet Dhuafa, Rohim.

Dengan aksi tersebut, bisa menjadi contoh dan menumbuhkan rasa kesadaran juga kepedulian untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan posko pengungsian. Sehingga bisa mengantisipasi terjadinya penyakit akibat dari sampah yang menumpuk.

Berdasarkan data yang diperoleh, Posko Kebencanaan Pendopo Bupati Cianjur ini menampung 200 penyintas gempa yang mengalami luka berat maupun ringan. Sebagian besar masyarakat berasal dari Desa Rancagoong serta daerah yang dekat dengan pendopo. (kim)