Tim Kemanusiaan Kebun Raya Cibodas Terus Bantu Korban Gempa Cianjur

Tim Kemanusiaan Kebun Raya Cibodas saat memberikan bantuan bagi warga terdampak Gempa Cianjur. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Gempa yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan luka-luka.

Melihat hal tersebut, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas bereaksi cepat untuk melakukan aksi bantuan kemanusiaan korban gempa bumi di Cianjur.

Aksi kemanusiaan ini dilakukan di tengah-tengah gempa susulan yang masih terus terjadi setiap harinya.

Lokasi Kebun Raya Cibodas yang berada di area terjadinya gempa ini membuat pihak manajemen Kebun Raya dapat secara taktis & strategis bergerak cepat melakukan misi kemanusiaannya.

Gempa 4,1 Magnitudo Dini Hari Kembali Guncang Cianjur

“Ketika gempa terjadi, setelah kami selesai identifikasi dampak kerusakan di internal KRC, tanpa berpikir panjang kami langsung melakukan misi kemanusiaan keluar Kebun Raya,” kata General Manager Kebun Raya, Marga Anggrianto.

Aksi kemanusiaan pertama yang dilakukan pihak Kebun Raya dimulai sejak hari kedua Gempa, Selasa (22/11/2022). Dimana Kebun Raya Cibodas mengirimkan bahan baku makanan ke Pemerintah Desa Cimacan, desa setempat agar dapat segera disalurkan secara sistematis ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Selain itu, Kebun Raya Cibodas berkontribusi dalam membangun Dapur Darurat di sebuah tenda pengungsian untuk masyarakat sekitar agar dapat memenuhi kebutuhan pangannya selama masa darurat ini.

Di hari ketiga gempa, Rabu (23/11/2022), Kebun Raya Cibodas kembali melakukan pengiriman bantuan makanan dengan langsung terjun ke wilayah cukup parah akibat gempa bumi ini yakni Kecamatan Cugenang.

LIHAT JUGA: Miris! Puluhan Pengungsi Gempa Cianjur Tinggal di Kandang Domba

Aksi kemanusiaan ke Cugenang ini diwarnai beberapa kali gempa susulan ketika tim reaksi cepat Kebun Raya dalam perjalanan ke Cugenang.

Lalu pada hari keempat gempa, Kamis (24/11/2022), Kebun Raya Cibodas kembali melakukan aksi kemanusiaan dengan logistik yang lebih memadai, bantuan kembali disalurkan melalui Pemerintah Desa setempat mengingat masih banyak korban gempa yang belum mendapatkan bantuan.

“Aksi cepat yang Kebun Raya lakukan ini dilandasi murni atas kesadaran kemanusiaan kami dan agar keberadaan Kebun Raya Cibodas yang berada di wilayah gempa ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung masyarakat Cianjur,” ujar Marga.

“Kami berharap aksi ini bisa secara cepat menjawab kebutuhan jangka pendek korban gempa dan semoga tragedi ini lekas selesai,” pungkasnya. (rls)