Rabu, 29 Maret 2023

Warga Terdampak Gempa Berat, Bersiap Tempati Rumah Relokasi Sirnagalih, Jubir: Akan Dibuat SK Dulu

- Minggu, 26 Februari 2023 | 15:55 WIB
Rumah Instan Sederhana (Risha) di Kampung Pasir Sembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur
Rumah Instan Sederhana (Risha) di Kampung Pasir Sembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com - Bersiap menempati rumah baru. Ya, masyarakat yang rumahnya rusak dan berada di titik bahaya, akan segera menempati rumah relokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku minggu depan.

200 masyarakat tersebut sudah siap untuk hidup di lingkungan baru dan tempat yang sudah disediakan pemerintah. Namun, masyarakat yang relokasi pun telah memberikan pernyataan secara tertulis.

"Kami menetapkan warga yang masuk di lokasi hunian itu berdasarkan surat pernyataan yang mereka berikan kepada Pemda Cianjur. Jadi prosesnya waktu kami ada program relokasi kan kami sosialisasi ke masyarakat, awalnya sempat nolak, ketika sudah sosialisasi tahap selanjutnya kami tanya siapa yang akan mengisi atau direlokasi," ujar Juru bicara (Jubir) Tim Penanganan Bancana Gempa Bumi Cianjur, budhi rahayu toyib.

200 masyarakat tersebut, sebelum menempati rumah relokasi di Sirnagalih, akan dibuatkan Surat Keputusan (SK) Bupati Cianjur sebelum menempati rumah relokasi.

Baca Juga: Pascagempa, Lahan di Desa Batulawang Bakal Dijadikan Tempat Relokasi?

"Karena kami terbatas tempat, akhirnya ada 200 permohonan yang menyatakan mereka siap direlokasi. Nah itu menjadi dasar kita menetapkan relokasi lewat SK bupati," tuturnya.

Beberapa masyarakat yang akan menempati rumah relokasi berasal dari beberpa desa yakni Desa Nagrak, Desa Benjot, Desa Mangunkerta dan Desa Sarampad

"Rencana kami penyerahan kuncinya itu, akan diundang setelah 200 masyarakat di-SK-an, kami pun sudah menetapkan blok-blok rumah beserta nomornya. Sehingga masyarakat tinggal mengisi rumah tersebut," papar dia.

Baca Juga: Pasca Diterjang Banjir, Masyarakat Desa Sirnagalih Dapat Bantuan

Tempat relokasi yang berada di Kecamatan Mande, saat ini baru 90 unit rumah yang sudah selesai. Target dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sebanyak 151 unit rumah.

"Jadi mudah-mudahan di akhir bulan Februari sekarang 151 selesai. Target penyerahan kunci di bulan Maret, sebelum puasa kalau yang tahap dua," ungkapnya.

Hingga saat ini, untuk lokasi relokasi tahap tiga, masih dalam proses dan masih cukup lama. Lantaran, lahan tersebut luasnya sekitar tiga hektare yang berada di wilayah PT MPM dengan status lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah tidak terpakai.

Namun, tidak juga bisa dipercepat. Lantaran, lokasi tersebut masih menunggu hasil kajian dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Selanjutnya, akan ditindaklanjuti oleh Kementerian PUPR untuk melakukan pembangunan, jika lokasi tersebut sudah dinyatakan aman untuk hunian.

Budhi menjelaskan, jumlah yang direlokasi berdasarkan hasil pendataan hampir di angka 500, di Sirnagalih 200, di Mande 151, sisanya sekitar 150.***

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMI Cianjur Sebut, Stok Darah Saat Ramadan Aman

Senin, 27 Maret 2023 | 21:19 WIB
X