Rabu, 29 Maret 2023

Tips dan Trik Sukses Membuat SIM Online Tanpa Ribet

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 11:41 WIB
SIM-C (Foto: Istimewa)
SIM-C (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com, -- Pembuatan SiM online adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus perpanjangan atau penggantian SiM yang kadaluarsa.

Layanan ini dapat diakses melalui situs resmi Polri (https://SiM-online.polri.go.id/) atau Aplikasi SiM Nasional Presisi (SNP) yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat SiM online:

Kunjungi situs https://SiM-online.polri.go.id/ atau buka Aplikasi SNP di ponsel Anda.

Baca Juga: Ketahui Lokasi SIM Keliling Cianjur Sabtu 18 Maret 2023

Pilih menu “Daftar SiM online” dan isi formulir pendaftaran dengan data diri Anda yang sesuai dengan KTP atau paspor.

Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan nomor registrasi dan kode bayar yang dapat digunakan untuk membayar biaya administrasi melalui bank atau minimarket yang bekerja sama dengan Polri.

Setelah membayar biaya administrasi, Anda akan mendapatkan kode booking yang dapat digunakan untuk membuat janji temu dengan Satpas terdekat untuk melakukan tes kesehatan, psikotes, dan ujian teori/praktik sesuai dengan jenis SiM yang Anda ajukan.

Datang ke Satpas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan bawa dokumen persyaratan seperti KTP/paspor, surat keterangan sehat dari dokter, dan bukti pembayaran biaya administrasi.

Baca Juga: Rekomendasi Restoran Terbaik di Daerah Cianjur, Selalu Ramai Pengunjung dan Kamu Jangan Lupa Berkunjung Ya!

Lakukan tes kesehatan, psikotes, dan ujian teori/praktik di bawah pengawasan petugas Satpas. Jika Anda lulus semua tes, Anda akan mendapatkan tanda terima sementara sebagai pengganti SiM sampai SiM asli selesai dicetak.

Tunggu pemberitahuan dari petugas Satpas tentang kesiapan SiM asli Anda dan ambil di lokasi yang sama dengan tempat Anda melakukan tes.

Demikian tentang Pembuatan SiM online. Semoga bermanfaat!***

Editor: Jafar Sidik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMI Cianjur Sebut, Stok Darah Saat Ramadan Aman

Senin, 27 Maret 2023 | 21:19 WIB
X