Minggu, 28 Mei 2023

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemdes Sukamulya Studi Tiru Peternakan Domba Sapi ke Bogor

- Kamis, 18 Mei 2023 | 19:04 WIB
Pemdes Sukamulya Kecamatan Warungkondang saat melakukan studi tiru ke peternakan Yanyan, warga Bogor.  Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur
Pemdes Sukamulya Kecamatan Warungkondang saat melakukan studi tiru ke peternakan Yanyan, warga Bogor. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com - Pemerintah Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, melakukan studi tiru ke perternakan domba dan sapi di Kampung Palasari Lamping, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kabupaten Bogor, Rabu (18/05/2023).

Kunjungan 45 orang yang terdiri dari perangkat Desa, warga, Ketua RT dan RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan perwakilan dari Kecamatan Warungkondang itu, dalam rangka menyerap ilmu peternakan.

Nantinya, keterampilan dalam beternak akan diterapkan pada program ketahanan pangan Desa Sukamulya.

Baca Juga: Berbagi Untuk Sesama, Karang Taruna Warungkondang Tebar Ratusan Paket Takjil

Kepala Desa Sukamulya, Iman Nurjaman mengatakan, kunjungan yang dilakukan untuk memotivasi warga yang ikut agar pengembangan ternaknya masing-masing menjadi baik.

Berdasarkan pengamatan, Iman menyebut pengelolaan ternak dalam segi pemberian pakan, kualitas kandang dan perawatan khusus ternak di peternakan milik Yanyan sudah profesional.

"Jadi kami mendapatkan ilmu bagaimana bertenak domba baik itu domba garut atau domba biasa secara bersih dan tertata akan menghasilkan hal yang baik," kata Iman.

Baca Juga: Hujan Angin, Pohon di Desa Sukamulya Tumbang Timpa Tiga Rumah

Selain itu, dengan adanya studi tiru menjadi acuan Pemdes Sukamulya untuk memberikan modal di program ketahanan pangan.

"Kita ada target penerapan Dana Desa (DD) tahap dua di bidang peternakan domba, mudah-mudahan bisa tepat akurat," ujarnya.

Sementara itu, pemilik peternakan Yanyan Suyana (45) mengatakan, terbuka untuk siapapun yang ingin belajar mengenai menjadi peternak baik yang dapat menghasilkan kualitas hewan ternak dapat bersaing.

"Mudah-mudahan dengan beberapa pemafaran soal ilmu beternak dapat menjadi ilmu yang berguna untuk masyarakat," kata Yanyan.***

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X