Selasa, 6 Juni 2023

Jelang Penilaian Ulang Status SNI, Inspektorat Bersama Diskoperindag Jabar Tinjau Pasar Rakyat Cipanas

- Rabu, 24 Mei 2023 | 13:48 WIB
PENINJAUAN: Tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat melakukan peninjauan ke Pasar Rakyat Cipanas. Foto: Istimewa
PENINJAUAN: Tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat melakukan peninjauan ke Pasar Rakyat Cipanas. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com - Tim dari Inspektorat Daerah bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, melakukan peninjauan terkait dengan penilaian kelayakan status Standar Nasional Indonesia atau SNI yang disandang pasar rakyat Cipanas setelah hampir tiga tahun ini.

Kedatangan rombongan dari Pemprov Jabar itu, juga disambut oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur, melalui Diskoperdagin bersama jajaran UPTD Pasar rakyat Cipanas, Selasa (23/5/2023).

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Diskoperindag Provinsi Jawa Barat, Eem Sujaemah mengatakan, dengan adanya RPJMD 2018-2023 Provinsi Jawa Barat, yang salah satu di dalamnya bahwa ada program pasar rakyat juara, dengan memberikan bantuan berupa SNI pasar rakyat.

"Jadi yang memperoleh SNI itu salah satunya pasar Cipanas Cianjur ini pada 2020 lalu, dan akan berakhir pada 3 November 2023 ini. Sehingga kami meninjau sekaligus mengecek sejauh mana bisa mempertahankan status itu," kata Eem.

Baca Juga: Kompak! K5, DPP, Hingga UPTD Pasar Cipanas Dongkrak Ekonomi Warga Bikin Bazar Ramadhan

Menurut Eem, status yang kini masih disandang pasar rakyat Cipanas, tentu bisa dilanjutkan, dengan faktor diantaranya, bisa terus menjaga kebersihan, dan sesuai dengan 46 persyaratan SNI pasar rakyat.

"Pada 2024 mendatang, kami berharap kepada pemerintah Kabupaten Cianjur, khususnya pengelola Pasar Cipanas, untuk terus menjaga kebersihan dan menjaga SNI ini dengan sebaik-baiknya, supaya tetap nyaman bagi semua unsur di pasar rakyat ini," ujarnya.

Eem juga berpesan, bahwa stigma pasar yang becek dan kumuh, jangan sampai melekat di pasar rakyat Cipanas ini. Sehingga dengan hasil peninjauan yang kini dilakukan, semua lapisan masyarakat bisa datang terus dan menjadi daya saing dengan pasar modern.

"Harapan kami dari pemerintah provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk menjadi juara terus-menerus," kata Eem.

Kepala UPTD Pasar Rakyat Cipanas, Widya Pratiwi mengatakan, adanya peninjauan yang dilakukan Pemprov Jawa Barat ke pasar Cipanas ini, merupakan salah satu rangkaian penilaian untuk melanjutkan status pasar ber-SNI di Jawa barat.

"Jadi tim itu datang untuk meninjau sejauh mana implementasi sertifikasi SNI di pasar Cipanas khususnya," kata Widya.

Lebih lanjut menurut Widya, persiapan dalam menyambut kedatangan tim tersebut, sebetulnya tidak terlalu banyak yang dipersiapkan. Hanya saja penegasan kepada semua warga pasar, untuk betul-betul menjaga kebersihan, keamanan, dan SOP di pasar Cipanas ini.

"Dengan kondisi yang ada saat ini, kami tetap optimis bisa menyabet kembali status SNI di Pasar Cipanas. Sehingga bisa terus berinovasi dan lebih memberikan pelayanan terbaik bagi warga pasar Cipanas," tutupnya.***

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X