Minggu, 29 Januari 2023

Cianjur Terapkan Ganjil Genap di Bundaran Tugu Lampu Gentur, Siap-siap Jam Segini Bisa Diputar Balik

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:44 WIB
HARUS SESUAI TANGGAL: Satlantas Polres Cianjur akan memberlakukan ganjil-genap (gage) di Bundaran Tugu Lampu Gentur terhitung sejak Sabtu (21/1) hingga Minggu (22/1). (Foto: Hakim Radar Cianjur)
HARUS SESUAI TANGGAL: Satlantas Polres Cianjur akan memberlakukan ganjil-genap (gage) di Bundaran Tugu Lampu Gentur terhitung sejak Sabtu (21/1) hingga Minggu (22/1). (Foto: Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com - Pada libur panjang Tahun Baru Cina atau Imlek, arus lalu lintas Jalur Puncak diperkirakan akan terjadi kepadatan kendaraan.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur akan memberlakukan Ganjil-Genap di Bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur terhitung mulai Sabtu (21/1) hingga Minggu (22/1).

Pemberlakukan gage tersebut akan berlangsung sejak pagi hari atau sekitar pukul 7.00-14.00 WIB, sementara di hari kedua atau tepatnya di hari Minggu, diberlakukan hingga sore.

Kendaraan yang tidak sesuai dengan gage, akan diputar balik oleh petugas yang berjaga di Tugu Lampu Gentur.

Baca Juga: Waspada Kena Jepret, Satlantas Polres Cianjur Mulai Terapkan E-Tilang

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Cianjur, Iptu Muchtar Romi mengatakan, penerapan gage tersebut untuk meminimalisir kepadatan kendaraan yang mengarah ke Jalur Puncak.

"Sudah kami persiapkan serangkaian penguraian kemacetan dari mulai personel hingga sarana prasarana. Kami pun akan menerapkan ganjil-genap yang dilakukan di Bundaran Lampu Gentur, dimulai hari Sabtu," ujar dia.

Penerapan gage tersebut sesuai dengan Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 yang mengatur tentang pelaksanaan ganjil-genap untuk wilayah Puncak dan Cianjur. Untuk pemberlakukan one way atau satu arah, lanjut Romi, pihaknya akan menunggu koordinasi dari Polres Bogor mengenai kepadatan lalu lintas di wilayah Puncak, Bogor.

"Sementara untuk pemberlakukan one way atau satu arah, berkoordinasi dengan Polres Bogor mengenai arus di Jalur Puncak," terangnya.

Selain penerapan gage dan satu arah, polisi turut menempatkan sejumlah personel di titik-titik rawan kemacetan seperti di Pasar Ciranjang dan Pasar Cipanas. Sementara personel yang ditempatkan di Jalur Puncak akan melakukan pengamanan seperti pada akhir pekan. ***

Halaman:

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Kampung Panumbangan Butuh Huntara

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00 WIB
X