Minggu, 29 Januari 2023

HWPC Lestarikan Budaya Seni Beladiri Lokal Dimulai dari Sindangbarang

- Minggu, 22 Januari 2023 | 14:36 WIB
TETAP LESTARI: 100 lebih murid tingkat SMP hingga SMA mengikuti Pelatihan Ibing Pencak Silat Tradisi Berbasis Pendidikan Karakter yang diadakan oleh Himpunan Wargi Pusaka Cianjur (HWPC) di wilayah Kecamatan Sindangbarang. (Foto HWPC)
TETAP LESTARI: 100 lebih murid tingkat SMP hingga SMA mengikuti Pelatihan Ibing Pencak Silat Tradisi Berbasis Pendidikan Karakter yang diadakan oleh Himpunan Wargi Pusaka Cianjur (HWPC) di wilayah Kecamatan Sindangbarang. (Foto HWPC)

RADARCIANJUR.COM, CIANJUR - Himpunan Wargi Pusaka Cianjur (HWPC) menggelar Pelatihan Ibing Pencak Sialt Tradisi Berbasis Pendidikan Karakter. Pelatihan yang diikuti oleh sejumlah murid dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan guru-guru di Kecamatan Sindangbarang yang digelar selama dua hari yakni 21-22 Januari 2023.

Bertempat di Gedung Al Mutmainah, Desa Kertasari, Kecamatan Ciranjang, pelatihan dimulai dengan bertujuan untuk pelestarian, pengembangan, pembinaan dan pemberdayaan seni budaya Jawa Barat, khususnya beladiri Maenpo atau Pencak Silat.

Ketua Padepokan Seni Penca Daya sunda Kabupaten Cianjur, Jajat Sudarajat mengatakan, kegiatan tersebut diikuti lebih dari 100 murid SMP hingga SMA se-Kecamatan Sindangbarang.

"Pelatihan serupa juga akan dilaksanakan dibeberapa Kecamatan yang ada di wilayah Cianjur, seperti Naringgul, Cikadu, Leles, Agrabinta dan lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Waspada Kena Jepret, Satlantas Polres Cianjur Mulai Terapkan E-Tilang

Ketua Komite 3 Pilar Budaya Cianjur dan juga Ketua Umum Himpunan Wargi Pusaka Cianjur (HWPC), R Sulaeman menambahkan, sangat mengapresiasi sekali dengan diadakannya pelatihan Ibing Pencak Silat Tradisi ini.

"Ini sejalan dengan telah di perdakannya 3 Pilar Budaya Cianjur (Ngaos Mamaos dan Maenpo) dan Perbup tentang Petunjuk Pelaksanaan 3 Pilar Budaya Cianjur dengan pendidikan muatan lokalnya, khususnya di bidang seni bela diri Pencak Silat atau Maenpo," jelasnya.

"Kami berharap kegiatan seni budaya pun bisa dilaksanakan di setiap desa, di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, sehingga kegiatan pelestarian seni budaya akan semakin berkembang pesat," sambung pria yang biasa disapa Kang Sule ini.

Perwakilan Kecamatan Sindangbarang, Rustandi MP mengaku sangat menyambut baik dan mendukung sekali kegiatan pelatihan ini.

Halaman:

Editor: Jafar Sidik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Kampung Panumbangan Butuh Huntara

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00 WIB
X