Minggu, 29 Januari 2023

Keren, Polbangtan Kementan Buka Klinik Hewan Lengkap dengan Fasilitas Pet Hotel dan Grooming

- Selasa, 24 Januari 2023 | 09:52 WIB
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor jurusan Peternakan di Kampus Cinagara kini memiliki TEFA berupa Klinik Hewan.
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor jurusan Peternakan di Kampus Cinagara kini memiliki TEFA berupa Klinik Hewan.

RADARCIANJUR.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor jurusan Peternakan di Kampus Cinagara kini memiliki Teaching Factory (TEFA) berupa Klinik Hewan.

Klinik Hewan ini ditujukan untuk mendukung sarana pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa pendidikan Vokasi Kesehatan Hewan. Klinik Hewan ini telah memiliki standar kesejahteraan hewan bagi pecinta anabul (anak bulu) di sekitar Jabodetabek dan Sukabumi-Cianjur.

Fasilitas di dalam klinik hewan ini pun sangat lengkap karena memiliki ruangan USG, ruang Operasi, ruang pemeriksaan, laboratorium bahkan ruang rawat inap. Tak hanya itu, terdapat juga ruang Grooming, petshop dan pet hotel untuk penginapan kucing.

Baca Juga: Miliki Segudang Prestasi, Intan Seliyawati Lambungkan Civitas Akademika Polbangtan Kementan

Model teaching factory berupa Klinik Hewan inilah yang diharapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadir di UPT Pendidikan Pertanian seperti Polbangtan dan SMKPP yang menitikberatkan pada praktik pembelajaran.

"Lembaga Pendidikan Pertanian berfungsi sebagai wadah untuk mencetak tenaga SDM Pertanian yang handal, professional, maju, mandiri dan modern karena pengelolaan pertanian saat ini harus dilakukan dengan melibatkan teknologi Pertanian harus bergerak secara maju, mandiri dan modern, " kata Mentan Syahrul.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi. Menurutnya, pendidikan vokasi pertanian memiliki tujuan untuk menghasilkan alumni yang berkualitas, qualified job creator atau bisnis entrepreneurship yang tinggi.

"Pembelajaran melalui TEFA diharapkan dapat menumbuh-kembangkan karakter dan etos kerja (disiplin, tanggung jawab, jujur, kerjasama, dan kepemimpinan) yang dibutuhkan DU/DI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competency based training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (production based training), " jelas Dedi.

Klinik Hewan Pendidikan yang dikelola langsung oleh dokter hewan dan mahasiswa mahasiswi Kedokteran Hewan Polbangtan Bogor ini diresmikan langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti didampingi oleh Direktur Polbangtan Bogor, Syaifuddin pada Kamis (19/01).

Halaman:

Editor: Deva Sakti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Kampung Panumbangan Butuh Huntara

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00 WIB
X