Minggu, 29 Januari 2023

Patriot Desa Ajak Penyintas di Cikaroya Bangkit Pascagempa

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:39 WIB
BERI EDUKASI: Selain trauma healing berupa edukasi, Patriot Desa Cikaroya turut mengajak masyarakat khususnya lansia untuk memulai bertanam sebagai salah satu langkah ketahanan pangan di daerah. (Foto: Patriot Desa Cikaroya)
BERI EDUKASI: Selain trauma healing berupa edukasi, Patriot Desa Cikaroya turut mengajak masyarakat khususnya lansia untuk memulai bertanam sebagai salah satu langkah ketahanan pangan di daerah. (Foto: Patriot Desa Cikaroya)

RADARCIANJUR.com - Patriot Desa Cianjur melakukan trauma healing bagi masyarakat penyintas gempa bumi Cianjur di Desa Cikaroya Kecamatan Warungkondang. Trauma healing tersebut diberikan kepada warga yang lanjut usia (lansia) agar bisa tetap kuat dalam melewati kondisi bencana ini.

Patriot Desa Cikaroya, Asep Erwin mengatakan, bahwa trauma healing Patriot Desa ini dilakukan sebagai langkah pemulihan bagi para korban bencana gempa di Cianjur, khususnya para korban untuk memperkuat psikologis pascabencana terutama pada aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.

"Kita mampu melewati ujian ini, sebab Tuhan tidak akan memberikan ujian dan cobaan melebihi dari kesanggupan hamba-Nya," ujarnya.

Baca Juga: Berkedok Investasi Hingga Datangkan Menteri, Terduga Pelaku Tipu Penyintas Gempa Cianjur

Trauma healing dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Ash-Sholahiyyah Kampung Cipadangkalapa Desa Cikaroya Kecamatan Warungkondang dan dihadiri sekitar 20 orang lansia.

Selain bertemu dengan ibu-ibu lansia dan menggelar trauma healing, Asep Erwin pun mengunjungi beberapa titik permukiman yang rusak akibat bencana gempa bumi.

Bahkan, Asep Erwin pun mengajak ibu-ibu lansia untuk bangkit dan bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk ditanami tanaman yang mempunyai nilai ekonomi, berupa sayuran seperti tomat, sawi,kangkung dan lainnya atau kegiatan Saban Pipir dipiar (Sapira).

"Tujuannya mengajak ibu-ibu lansia pada Sapira ini adalah untuk memberikan edukasi dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan sebagai upaya agar mampu keluar dari trauma pascabencana sehingga kedepan menjadi mandiri dan berdaya," tuturnya.

Ketua Koordinator Kegiatan Sapira, Rikma Inayah menambahkan, kehadiran Patriot Desa semoga membawa kebaikan terutama dalam ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi pasca gempa.

"Kami memberi persan kepada ibu-ibu agar tetap bersabar dan bangkit sehingga semua bisa berdaya dengan potensi lokal yang kita miliki seperti UKM, kuliner lokal dan lainnya," tutupnya. ***

Halaman:

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Kampung Panumbangan Butuh Huntara

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00 WIB
X