Minggu, 29 Januari 2023

Khawatir Berdampak Fatal, Sejumlah Penyintas Gempa Kembali Tempati Tenda

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:18 WIB
TENDA BIRU: Tampak tenda berukuran cukup besar dibuat warga untuk kebutuhan biologis pasca gempa Cianjur. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur
TENDA BIRU: Tampak tenda berukuran cukup besar dibuat warga untuk kebutuhan biologis pasca gempa Cianjur. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com - Pascagempa bumi susulan yang terjadi pada Selasa (24/1), sekitar pukul 3.24 WIB, masyarakat penyintas gempa bumi Cianjur, tak sedikit yang kembali ke tenda-tenda.

Hal tersebut dilakukan lantaran masih dilanda kekhawatiran terhadap gempa bumi yang dapat berdampak fatal bagi keselamatan.

Meskipun sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memperbolehkan kembali ke rumah masing-masing. Namun, diizinkannya masyarakat untuk kembali ke rumah masing-masing dengan catatan melihat konstruksi bangunan rumah apakah masih kokoh atau sudah rawan.

Baca Juga: Berkedok Investasi Hingga Datangkan Menteri, Terduga Pelaku Tipu Penyintas Gempa Cianjur

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, karakteristik gempa bumi susulan tidak secara linear menurun atau fluktuatif dan akan tetap terjadi. Sebelumnya memang sudah ada arahan untuk bisa kembali ke rumah masing-masing namun harus dipastikan dahulu rumah yang akan ditempati kokoh.

"Imbauan untuk kembali ke rumah masing-masing tidak ada, karena memang statusnya masih gempa bumi susulan. Harus diperhatikan betul rumah yang akan ditempati," ujarnya.

Lanjut Daryono, kondisi gempa bumi susulan memang hal yang wajar terjadi. Namun, masyarakat tetap tidak memaksakan untuk kembali ke rumah jika kondisinya tidak memungkinkan.

"Perlu dicek betul-betul kalau akan kembali ke rumah, kalau bisa detil mengeceknya. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa terhindar," jelasnya. ***

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Kampung Panumbangan Butuh Huntara

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00 WIB
X