Selasa, 31 Januari 2023

Sembilan Pendaki Ilegal Diamankan Petugas TNGGP, Setelah Dilakukan Pencarian Akibat Hilang Kontak

- Rabu, 25 Januari 2023 | 23:52 WIB
KONDISI SELAMAT: Setelah hampir dinyatakan hilang, sembilan pendaki akhirnya berhasil turun di tengah kondisi cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa)
KONDISI SELAMAT: Setelah hampir dinyatakan hilang, sembilan pendaki akhirnya berhasil turun di tengah kondisi cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com - Sembilan pendaki asal Daerah Kota Istimewa (DKI) Jakarta yang mendaki ke Gunung Gede Pangrango, sempat dikabarkan hilang kontak.

Pendaki tersebut naik pada Senin (23/1), sekitar pukul 7.30 WIB, melalui jalur pendakian Putri, lantaran kendaraan para pendaki terparkir di pos Putri yang dilakukan pengecekan oleh Babinsa Koramil Pacet.

Diketahui, rencana kepulangan para pendaki itu seharusnya kembali pada Selasa (24/1) sekitar pukul 17.00 WIB, namun, hingga Rabu (25/1) seluruh pendaki tidak dapat dihubungi.

Padahal, saat ini pendakian ke Gunung Gede Pangrango tengah ditutup hingga tanggal 31 Maret 2023 mendatang. Tetapi akhirnya kejadian ini pun dilaporkan ke Kantor SAR Bandung untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga: Keluarga Halimah Minta Wowon Cs di Hukum Mati

Sekitar pukul 16.30 WIB, pendaki tersebut pun berhasil turun di tengah kondisi cuaca yang ekstrem dan langsung diamankan pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersamaan dengan anggota SAR Bandung.

Kepala Bidang Teknis Konservasi TNGGP, Buana Darmansyah, membenarkan kejadian tersebut. Saat akan dilakukan pencarian, sembilan pendaki turun melalui bukit golf.

"Mereka (pendaki, red) sudah turun, lalu kami tanya semuanya dan dicek kondisinya. Dari sembilan pendaki, satu hipotermia dan satu mengalami keseleo. Jadi bukan hilang, namun belum turun dan sulit dikontak," ujar dia.

Baca Juga: Polres Cianjur Bantah Soal Wafatnya Selvi Amalia Karena Rombangan Polisi

Lanjut Buana, kejadian tersebut menjadi gambaran bagi semua pendaki, agar lebih memperhatikan kondisi alam dan informasi mengenai pendakian. Terlebih dalam kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

Halaman:

Editor: Dadan Suherman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tebar Sajadah, Lengkapi Masjid di Kampung Sindangraja

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:53 WIB
X