Minggu, 29 Januari 2023

Bagian dari Teaching Factory, Polbangtan Kementan Resmikan Pabrik Pakan Ternak

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:45 WIB
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor

RADARCIANJUR.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor jurusan Peternakan di Kampus Cinagara kini memiliki Teaching Factory (TEFA) berupa Pabrik pakan ternak skala mini. hasil kerjasama dengan YESS PPIU Jawa Barat.

Pabrik mini pakan ternak ini nantinya akan difungsikan sebagai ruang praktik bagi mahasiswa jurusan peternakan untuk dapat menghasilkan pakan yang berkualitas khususnya bagi hewan ternak.

Pakan merupakan faktor penting untuk meningkatkan produktivitas ternak, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas produksi hasil peternakan.

Baca Juga: Keren, Polbangtan Kementan Buka Klinik Hewan Lengkap dengan Fasilitas Pet Hotel dan Grooming

Untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi dibidangnya, Jurusan Peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor mendirikan fasilitas penunjang kompetensi mahasiswa berupa pabrik pakan ternak.

Model teaching factory berupa pabrik pakan ternak inilah yang diharapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadir di UPT Pendidikan Pertanian seperti Polbangtan dan SMKPP yang menitikberatkan pada praktik pembelajaran.

"Lembaga Pendidikan Pertanian berfungsi sebagai wadah untuk mencetak tenaga SDM Pertanian yang handal, professional, maju, mandiri dan modern karena pengelolaan pertanian saat ini harus dilakukan dengan melibatkan teknologi Pertanian harus bergerak secara maju, mandiri dan modern, " ujar Mentan Syahrul.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi. Menurutnya, pendidikan vokasi pertanian memiliki tujuan untuk menghasilkan alumni yang berkualitas, qualified job creator atau bisnis entrepreneurship yang tinggi.

Baca Juga: Miliki Segudang Prestasi, Intan Seliyawati Lambungkan Civitas Akademika Polbangtan Kementan

Halaman:

Editor: Deva Sakti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Wisata Pantai di Jawa Barat yang Cocok untuk Healing

Selasa, 17 Januari 2023 | 21:04 WIB

Bibir Seorang Anak di Sukabumi Robek Akibat Lato-lato

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:24 WIB

Pembangunan Masjid Al Jabbar Tak Salahi Aturan

Senin, 9 Januari 2023 | 20:55 WIB
X