Kamis, 30 Maret 2023

PPATK Duga Rafael Alun Ayah Mario Dandy Lakukan Pencucian Uang Secara Profesional

- Minggu, 5 Maret 2023 | 17:57 WIB
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo tengah dalam pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Ist)
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo tengah dalam pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Ist)

RADARCIANJUR.com - Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo tengah dalam pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rafael Alun dimintai keterangan terkait asal-usul harta kekayaan yang termuat di dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Makanya mau cari pidana korupsinya dulu. Jadi, harus ada pidana korupsinya dulu, baru ditambahkan TPPU-nya,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan dikonfirmasi, Minggu (5/3) seperti dilansir Jawapos.

Baca Juga: Lho, Kok Alamat 'Pemilik' Rubicon Rafael Alun Berada di Sebuah Rumah Kontrakan, Begini Penampakannya

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menduga, Rafael Alun melakukan pencucian uang secara profesional.

Karena itu, untuk bisa menjerat TPPU terhadap Rafael, KPK harus menjerat lebih awal adanya dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan, ayah dari pelaku penganiayaan Mario Dandy Satrio.

“Jadi, biarpun terang benderang yang bersangkutan cuci uang, ya harus dicari dulu (tindak pidana asalnya). Ini yang KPK sedang fokus ke penerimaan gratifikasi atau suap,” tegas Pahala.

Dugaan harta tidak wajar yang dimiliki Rafael Alun setelah anaknya, Mario Dandy Satrio terlihat memamerkan harta kekayaan seperti Jeep Rubicon dan Harley Davidson di media sosial.

Baca Juga: Didatangi Langsung, Orang Tua David Tolak Tawaran Rafael Alun

Hal ini dibongkar publik, setelah Mario ditetapkan pelaku penganiayaan anak dari anggota GP Ansor, Cristalino David Ozora.

Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavanda menduga, mantan pejabat DJP Rafael Alun Trisambodo melakukan pencucian uang. Hal ini setelah PPATK menelusuri rekam jejak aliran uang kepada Rafael Alun.

“Kita mensinyalir ada PML (professional money launderer) yang selama ini bertindak untuk kepentingan RAT,” ungkap Ivan dikonfirmasi, Jumat (3/3). ***

Editor: Deva Sakti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Resmi Tetapkan Rafael Alun Tersangka

Kamis, 30 Maret 2023 | 22:33 WIB

Miris, Pegawai Honorer Tak Dapat THR Tahun Ini

Kamis, 30 Maret 2023 | 13:10 WIB

Agnes Gracia Didakwa 12 Tahun Penjara

Kamis, 30 Maret 2023 | 09:40 WIB

Harga Emas Antam Hari Ini Mengalami Kenaikan

Rabu, 29 Maret 2023 | 10:32 WIB

Demonstran di Hongkong Harus Pakai Lanyard Bernomor

Minggu, 26 Maret 2023 | 23:54 WIB
X