Rabu, 7 Juni 2023

PENDIDIKAN: Cendekia Terapkan Manajemen Sekolah Ala Pesawat

- Senin, 17 April 2023 | 11:10 WIB
Cendekia Terapkan Manajemen Sekolah Ala Pesawat (istimewa)
Cendekia Terapkan Manajemen Sekolah Ala Pesawat (istimewa)


(Dera Nugraha, Sekolah Islam Cendekia)

RADARCIANJUR.COM, CIANJUR - Manajemen sekolah merupakan salah satu topik yang juga sering didiskusikan oleh para praktisi dan akademisi pendidikan.

Karena sekolah yang berkemajuan tentu memiliki dan terus mengembangkan pola manajemen tersendiri sesuai dengan konteksnya.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan modern di Kabupaten Cianjur, Sekolah Islam Cendekia menerapkan Cendekia Plane Management System. Sekolah diibaratkan sebagai pesawat, dengan analogi fungsi bagian-bagian utamanya.

Bagian paling depan adalah search radar atau penunjuk arah. Di sekolah bagian ini dianalogikan sebagai visi, misi, dan tujuan.

Baca Juga: SDIK Muhammdiyah:Tebar 400 Paket Sembako, Penutupan Pesantren Ramadhan 1444 H

Ke bandara mana penerbangan suatu pesawat mengarah, tentu menjadi titik tuju yang memandu pilot dan timnya menerbangkan suatu pesawat.

Semua penumpang tentu mengetahui tujuan tersebut, dan rela mengeluarkan sumber dayanya untuk mencapai tujuan tersebut.

Di sekolah juga sama seperti itu, destination statement menjadi sangat penting agar tim pengelola dapat merancang semua sumber daya untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan. Semua warga sekolah juga idealnya mengetahui destination statement yang ada, dan sama-sama berupaya untuk mencapainya.

Bagian selanjutnya adalah ruang pilot. Di sekolah ini dianalogikan sebagai ruang manajemen strategis.

Di Sekolah Islam Cendekia ruang tersebut diisi oleh posisi-posisi strategis yang merancang kegiatan-kegiatan sekolah, antara lain ketua Yayasan penyelenggara, direktur pendidikan dan direktur operasional, serta kepala sekolah.

Baca Juga: Manfaat Memanaskan Sepeda Motor di Pagi Hari

Berdasarkan destination statement yang telah ditetapkan, para pengelola tersebut berupaya mengelola semua sumber daya lembaga untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Bagian ini sangat penting, bagian yang merumuskan direction statement.

Jika direction statement dirumuskan dengan tepat dan disosialisasikan dengan maksimal, maka semua warga sekolah dapat mendorong perwujudan visi lembaga secara solid dan harmonis.

Selanjutnya adalah bagian kabin pesawat, semua ruang yang ada di pesawat. Di sekolah, bagian ini dianalogikan sebagai budaya (culture).

Halaman:

Editor: Jafar Sidik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X