Rabu, 4 Oktober 2023

Wisata Sejarah di Kuningan, Ada Gedung Tempat Perundingan antara Indonesia, Belanda, dan Inggris di Tahun 1946

- Selasa, 19 September 2023 | 09:00 WIB
Taman Purbakala Cipari.
Taman Purbakala Cipari.

RADARCIANJUR.com - Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata, salah satunya adalah wisata sejarah.

Berikut ini adalah dua tempat wisata sejarah di Kuningan yang wajib dikunjungi:

1. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati merupakan tempat berlangsungnya perundingan antara Indonesia, Belanda, dan Inggris pada tanggal 10 November 1946. Perjanjian ini merupakan salah satu tonggak penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Di gedung ini, pengunjung dapat melihat replika meja perundingan, foto-foto para delegasi yang hadir, dan berbagai dokumen yang berkaitan dengan perundingan. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling di taman yang berada di sekitar gedung.

2. Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari merupakan salah satu situs arkeologi di Indonesia yang menyimpan berbagai peninggalan zaman prasejarah. Situs ini terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

Di taman ini, pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan, seperti menhir, dolmen, dan punden berundak. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat replika rumah dan peralatan yang digunakan oleh masyarakat zaman prasejarah.

Tips Berwisata Sejarah di Kuningan

  • Berikut ini adalah beberapa tips berwisata sejarah di Kuningan:
  • Datanglah pada hari kerja. Pada hari libur, tempat wisata sejarah di Kuningan biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan alas kaki yang tertutup. Anda akan banyak berjalan kaki saat berkeliling di tempat wisata sejarah.
  • Siapkan kamera untuk mengabadikan momen. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan di tempat wisata sejarah.
  • Jagalah kebersihan lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berwisata! ***

 

Editor: Deva Sakti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daya Tarik dan Rute Trekking Menuju Curug Ciismun

Rabu, 4 Oktober 2023 | 13:05 WIB
X